Senin, 12 April 2010

komunikasi bisnis minggu ke 1&2.(latar belakang dan peranan komuniklasi dalam dunia bisnis

1.Latar Belakang Penyelenggaraan Komunikasi dengan Pasar

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Peristiwa dalam komunikasi dapat terjadi dimana-mana. Contohnya, dua ekor burung yang saling bercengkrama (animal communication), hubungan antar sel pada saat mahluk hidup bernafas.
Sebagai mahluk sosial, manusia senantiasa ingin berhubungan dengan mahluk hidup lainnya. Rasa ingin tahu membuat manusia ingin berkomunikasi. Tanpa komunikasi tidak mungkin terbentuk masyarakat. Sebaliknya tanpa masyarakat manusia tidak mungkin mengembangkan komunikasi.
Berkomunikasi dengan baik akan memberi pengaruh langsung terhadap struktur keseimbangan seseorang dalam masyarakat. Sebagai ilmu yang dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat komunikasi pada awalnya merupakan proses retorika dan jurnalistik yang banyak berkaitan dengan pembentukan pendapat umum (opini publik).
Istilah komunikasi adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. Dalam makna sederhana komunikasi adalah proses bertukar pengertian.

2.Konsep Dasar dan Peranan Komunikasi

Komunikasi bisa saja terjadi dalam berbagai bentuk. Misalnya, percakapan melalui telepon, mendengarkan radio, tatap muka langsung, menulis memo, membaca surat kabar dan lain sebagainya. Konsep dasar komunikasi ada dua, yakni komunikasi nonverbal dan komunikasi verbal.
۰ Komunikasi Nonverbal
Merupakan bentuk yang paling dasar dari komunikasi adalah komunikasi nonverbal.
Komunikasi Nonverbal adalah kumpulan isyarat, gerak tubuh, intonasi suara, sikap dan
sebagainya. Komunikasi Nonverbal sering juga disebut bahasa isyarat atau bahasa diam (Silent
Language).
۰ Komunikasi Verbal
Merupakan suatu bentuk komunikasi dimana pesan disampaikan secara lisan atau tertulis
menggunakan suatu bahasa. Komunikasi verbal tidak hanya menyangkut komunikasi lisan
atau oral communication(berbicara dan mendengar), tetapi juga komunikasi tertulis atau
written communication(menulis dan membaca).

Peranan Komunikasi adalah :

1. Memberikan informasi kepada masyarakat
Karena perilaku menerima informasi merupakan perilaku alamiah masyarakat. Dengan
menerima informasi yang benar masyarakat akan merasa aman tentram. Informasi akurat
diperlukan oleh beberapa bagian masyarakat untuk bahan dalam pembuatan (pengambilan)
suatu keputusan..
2. Mendidik masyarakat
Kegiatan mendidik masyarakat dalam arti luas adalah memberikan berbagai informasi yang
dapat menambah kemajuan masyarakat dengan tatanan komunikasi massa. Sedangkan
kegiatan mendidik masyarakat dalam arti sempit adalah memberikan berbagai informasi dan
juga berbagai ilmu pengetahuan melalui berbagai tatanan komunikasi kelompok pada
pertemuan-pertemuan, kelas-kelas.
3. Mempengaruhi masyarakat
Kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat juga dapat dijadikan sarana untuk
mempengaruhi masyarakat tersebut ke arah perubahan sikap dan perilaku yang diharapkan.
Misalnya mempengaruhi masyarakat untuk mendukung suatu pilihan dalam pemilu dapat
dilakukan melalui komunikasi massa dalam bentuk kampanye, propaganda, selebaran-
selebaran, spanduk dan sebagainya.
4. Menghibur masyarakat
Perilaku masyarakat menerima informasi selain untuk memenuhi rasa aman juga menjadi
sarana hiburan masyarakat. Apalagi pada masa sekarang ini banyak penyajian informasi
melalui sarana seni hiburan.

3).Tujuan Komunikasi

Tujuan komunikasi antara lain:
1.Perubahan Sosial dan partisipasi sosial
Memberikan berbagai informasi pada masyarakat tujuan akhirnya supaya masyarakat mau
mendukung dan ikut serta terhadap tujuan informasi itu disampaikan.
2. Perubahan Sikap
Kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat dengan tujuan supaya
masyarakat akan berubah sikapnya.
3. Perubahan pendapat
Memberikan berbagai informasi pada masyarakat tujuan akhirnya supaya masyarakat mau
berubah pendapat dan persepsinya terhadap tujuan informasi itu disampaikan. Terutama
informasi mengenai kebijakan pemerinatah yang biasanya selalu mendapat tantangan dari
masyarakat maka harus disertai penyampaian informasi yang lengkap supaya pendapat
masyarakat dapat terbentuk untuk mendukung kebijakan tersebut.
4.Perubahan perilaku
Kegiatan memberikan berbagai informasi pada masyarakat dengan tujuan supaya masyarakat
akan berubah perilakunya.

4.Komponen-Komponen Komunikasi

Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada agar komunikasi bisa berlangsung dengan baik. Menurut Laswell komponen-komponen komunikasi adalah:
Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara.
Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan (”Protokol”)

5.Komunikasi Tatap Muka

Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam suatu kelompok “kecil” seperti dalam rapat, pertemuan, konperensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar